), progress;} a:hover {cursor: url(), progress;}

Minggu, 15 Mei 2011

Manfaat Senyum untuk Kesehatan



      Senyum. Satu-satunya yang membuat orang tampil lebih menarik dengan cuma-cuma. Dilihat dari kacamata psikologi, senyum juga memiliki dampak positif bagi para pelakunya. Disebutkan, dengan senyum orang dapat mengurangi tingkat stres, meningkatkan kekebalan secara psikologis, memicu perasaan optimis, dan dapat meningkatkan hubungan baik dengan orang lain.

      Percaya atau tidak, senyum itu menular. Seseorang yang tersenyum akan membuat suasana menjadi ceria sehingga mengubah mood orang lain disekitarnya, menjadi ikut senang. Orang yang suka tersenyum akan membawa kebahagiaan bagi orang lain. Dari segi kesehatan, senyum juga memiliki peran yang penting untuk ikut menjaga kebugaran tubuh.
 
Menurut penelitian senyum dapat :
1) Mengeluarkan Endorphin dan Serotonin

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyum dapat merangsang pengeluaran Endorphin dan Serotonin. Endorphin adalah pereda rasa sakit secara alami, sedangkan Serotonin  adalah hormon yang mengendalikan mood seseorang.

2) Menurunkan tekanan darah

Ketika anda tersenyum, maka tekanan darah anda akan menurun dengan sendirinya. Bukankah anda sering menjumpai orang yang gampang marah-marah memiliki tekanan darah tinggi?  Karena marah berlawanan kutub dengan senyum.

3) Membuat awet muda


Senyum dapat melenturkan kulit wajah dan membuat anda terlihat lebih muda. Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum ikut membuat anda terlihat lebih muda. Jika anda ingin sesuatu yang beda, maka berikan senyum anda sepanjang hari, maka anda akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik.

5) Meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh


Senyum dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika anda tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan anda menjadi lebih rileks.


Jadi, sudahkah anda tersenyum hari ini?


Everytime you smile at someone, it is an action of love, a gift to that person, a beautiful thing.  ~Mother Teresa




Sumber :
http://fairuzelsaid.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar